Kamis, 22 Mei 2014

[Riding Report] Touring Keluarga ke Cisolok (bagian 1)

Bismillah....
ini adalah Riding Report pertama yang saya buat...

Sebelum saya mulai, saya ingin menjelaskan sedikit apa itu Riding Report, Riding Report adalah sebuah cerita fakta yang biasanya berisi pengalaman seseorang ketika dia telah menyelesaikan suatu perjalanan dengan sepeda motor, hal ini bisa dibilang berasal dari kebiasaan para Adventure Rider asal Luar Negeri, yang mana kebiasaan mereka adalah menceritakan perjalanan mereka dengan menuliskan dan menerbitkannya di forum-forum yang mereka buat, ataupun di blog-blog pribadi mereka. dimana yang biasanya mereka tulis dalam ceritanya adalah dimulai dari rute perjalanan yang mereka tempuh, kronologis perjalanan, pengalaman di perjalanan maupun di tempat tujuan, bahkan terkadang biaya yang mereka keluarkan pun tak luput dicantumkan.

[Abstrak]
perjalanan ini dimulai dari libur 2 hari (20-21 Mei 2014) yang saya dapatkan dari sekolah tempat saya mengajar, sebenarnya bukan hari libur beneran, tapi selama dua hari itu sekolah saya mengadakan acara Study Wisata ke Daerah Purwakarta.
Naahhh...berhubung acara tersebut kagak asyik buat saya, dan istri pun kurang tertarik, maka saya dan istri pun sepakat untuk mengisi liburan kali ini dengan touring keluarga ke pantai...ditambah lagi keinginan Fatimah anak saya untuk pergi ke pantai.
awalnya saya memutuskan untuk mengajak keluarga ke pantai Sawarna, karena memang saya belum pernah mengunjungi pantai tersebut, browsing sana-sini mengenai harga penginapan, wow... mahal2 bray...berbeda dengan harga penginapan di pelabuhan ratu dan sekitarnya, yang mematok tarif penginapan mereka perkamar, sementara di sawarna tarif penginapan di patok per orang,....mikir lagi guahhh...cuman buat molor semalem doank harus ngeluarin duit 300 rebeng, ogah gua!! dah gitu segitu tuh yang jelek kayanya....soalnya kebanyakan harganya di atas itu. dan dengan harga penginapan segitu, terus terang ni dompet kagak bisa diajak kompromi...hahahai...akhirnya diputuskan bahwa acara 'memanaskan ban' kali ini dipilih ke Pelabuhan ratu, a.k.a Cisolok dkk.

[Rute]

untuk Rute :

Depok-Cibinong-Warung Jambu-Batu Tulis-Cihideung-Cijeruk-Cigombong-Cicurug--Cikidang-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Cibareno.

[berangkaaaaaat]

saya start perjalanan dari Depok sekitar pukul 7 pagi, sebelum berangkat saya melakukan 'ritual' Technical Check Up, ternyata rantai motor kendor banget cuy. akhirnya saya bilang istri "sabar ya, mending 30 menit di awal ngecek motor, daripada 3 jam dijalan ngebenerin (ngikutin perkataan seorang suhu di forum Nusantaride)"...
akhirnya sekitar pukul 7 lewat 18 menit perjalanan pun kami mulai.
karena hari itu adalah hari kerja (bukan hari libur) maka perjalanan kami pun tidak mengalami hambatan kemacetan yang berarti, kemacetan hanya kami temui di Cibinong, daerah ini memang tidak pernah tidak macet, karena terdapat pasar tradisional di sana.
lanjut terus sampai warung jambu terus lanjut ke arah Cihideung Via Batu Tulis.
trek ini (Cihideung) merupakan trek alternatif menuju Sukabumi, dimana normalnya jika kita ingin ke Sukabumi, maka kita akan mengambil jalur arah Sukabumi dari Lampu Merah Ciawi.
naaahhh...sekali lagi berhubung hari itu adalah hari kerja maka trek cihideung pun lancar jaya gaaannnn....
akhirnya trek alternatif pun kami lalui dengan santai (tidak ngos-ngosan melawan mobil L300 dan Bus-bus liar MGI)
oiya berhubung kabel sensor speedo meter si 'Red Johny' saya putus, maka saya tidak tahu persis kecepatan maksimal saya ketika itu. klo ngikutin feeling si kyanya ga lebih dari 70 kpj.
kemacetan yang lumayan kami dapati di daerah pasar Cicurug...setahu saya daerah sini memang selalu macet.
saya pun harus sabar selap-selip diantara angkot, bus, truk pengangkut Galon Aqua, ditambah lagi saya menggunakan Boks E21, makin harus hati-hati takut boks lecet tersenggol.
selain di Cicurug kemacetan pun kami dapati di Pertigaan Cidahu (lalu lalang mobil tranformer Aqua)
perjalanan terus kami lanjutkan sampai kami beristirahat di Alfamart wilayah Parung Kuda...
penampakan :

Setelah puas beristirahat dan mengisi 'bahan bakar' tubuh, kami pun melanjutkan perjalanan....

Trek yang kami pilih adalah Jalur 'Sumatra' Cikidang, hahaha...
ini adalah kali kedua saya melewati jalur ini...sedangkan bagi istri saya ini adalah kali pertamanya...sebenarnya di awal perjalanan istri saya sempat menolak diajak ke cisolok dengan alasan bosan...
ternyata pas saya ajak melewati trek Cikidang istri saya sangat senang sekali dengan liku-likunya yang menantang adrenalin..
dalam hati saya..oooo ternyata ini tho alasan bosan...setelah saya tanya, dia itu bosan dengan trek Cibadak yang macet dan Trek Warung Kiara yang mayoritasnya jelek...ternyata dia bosan dengan jalanannya pemirsah, bukan pantainya, hahai.
akhirnya pukul 11.18 kami pun sampai di daerah pelabuhan Ratu. yang kami lakukan ketika pertama adalah mencari penginapan, saya dan istri pun melakukan tawar menawar dengan sang penjaga penginapan, awalnya dia menawari kami dua jenis kamar, yang satu terbuat dari kayu, yang satu lagi normal. dengan harga Rp. 150.000 kayu dan Rp. 250.000 yang normal...
akhirnya kami tawar yang normal...setelah tawar menawar dengan tidak terlalu alot, akhirnya didapatlah harga Rp. 160.000. dengan fasilitas : Ranjang muat dua orang, kipas angin, kamar mandi dgn WC dan Shower untuk Mandi. saya yakin jika hari itu adalah hari libur pasti harganya tidak akan dapat semurah itu.

penampakan :

Red Johny
keren kan si Red Johny
 setelah bongkar-bongkar perlengkapan...
istri pun mengajak mencari snack dan perlengkapan mandi.
cekidot :

Red Johny miring dikit ke pantai...

oiya ketika  saya sedang menunggu istri belanja, saya melihat fenomena anak-anak SMA tengah merayakan kelulusan mereka dengan berkonvoi sepeda motor dengan ugal-ugalan, sambil teriak-teriak, ditambah geber-geber, belom lagi bajunya yang warna-warni...pokoknya bikin wow dan heboh deh...
ini penampakannya:

setelah itu kami pun kembali ke penginapan...
istirahat sebentar dan siap bermain di pantai...