Sabtu, 06 Desember 2014

[Review] Helm Snail MX 311 Super Moto

Bismillah....

lani saya akan memberikan sedikit Review dan Testimoni Pribadi mengenai helm baru saya, Yaitu Helm bermerk Snail MX 311 Supermoto....

Dengan bantuan adik saya, akhirnya helm ini pun bisa saya dapatkan dengan harga 'hanya' Rp. 520.000 rupiah saja, dimana biasanya helm ini dijual di rentang harga Rp.550.000 - Rp. 600.000. namun saya memutuskan untuk meminta tolong adik saya untuk membelikan helm ini, ditambah lagi saya tidak tahu harus beli dimana klo di daerah Bogor, adik saya membeli helm ini di temannya, entah gimana ceritanya p, akhirnya saya dapatkan juga helm yang cukup 'rare' ini...hihi...

secara desain helm ini memiliki desain yang luar biasa keren ! IMHO, karena helm ini merupakan replika sempurna dari helm bermerk, yaitu Acerbis Dual Sport On/Off Road Helmet...
Acerbis Active Dual Sport On/Off Road Helmet
 

Snail MX 311 Supermoto
Helm ini adalah helm jenis dual road atau dual sport, yaitu helm dengan desain helm motorcross namun memiliki visor atau kaca, sehingga bisa digunakan On Road. naahhh...karena secara desain helm ini sama dengan helm motor cross, maka pandangan kita pun luas, malah pandangan kita hampir sama dengan helm Half Face, sehingga bagi yang terbiasa dengan helm Full Face, maka pandangan pun akan terasa sangat lebih luas ketika menggunakan helm ini. dah gitu yang kerennya lagi helm ini dah double Visor,jadi klo siang hari yang cerah visor hitam ini memang sangat membantu.
Double Visor
Namun yang sangat disayangkan adalah posisi switch untuk menurunkan visor yang hitam ini berada di posisi yang kurang nyaman untuk dicapai oleh tangan, sehingga ketika pertama kali menggunakan helm ini, tangan kiri saya agak kesulitan untuk meraih switch ini.

Switch Double Visor
Oiya sejauh yang saya tahu, helm ini buatan Cina dan bukan buatan kita (CMIIW), jadi meskipun murah, helm ini Impor lho, hihi.... ni buktinya :
Cina kaaannn...

Untuk kenyamanan, menurut saya pribadi masih lebih nyaman helm MDS butut saya, hihi...
tempat telinganya itu lho, sempit banget, sehingga kuping ini sampai merah kesakitan karena kecepet...hiks..hiks...namun istri saya tercinta membuatkan Alas Helm yang menutupi telinga, sehingga mengurangi rasa sakit. adapun untuk kenyamanan busa secara umum nyaman laaah, hampir sama  sama dengan helm-helm buatan lokal. namun ada yang unik dari ukuran helm ini, ukuran XL nya sama dengan ukuran M untuk helm lokal, sehingga dengan ukuran XL, pipi saya masih kecepet...
XL Size
Helm ini masih menggunakan pengaman model Micrometic Clip On, belum menggunakan model pengaman Double D Ring. dimana menurut informasi yang saya dapat pengaman model Double D Ring lebih aman dibanding Micrometic Clip On. lagipula helm ini bukanlah tipe helm yang cocok untuk dipake kebut-kebutan, di kecepatan tinggi topi helm ini cukup mengganggu di sisi aero dinamis...
Pengaman masih belum Double D Ring
Terakhir adalah testimoni saya ketika menggunakan helm ini ketika hujan...
Sangat dilematis dan serba salah, ketika kaca helm saya buka maka otomatis muka akan basah oleh air hujan...sedangkan ketika saya tutup maka kaca helm akan langsung mengembun dahsyat, dan ini sangat mengganggu bagi saya...


Overall dengan harga 500 rebuan helm ini sangat luar biasa.




10 komentar:

  1. Kalo ukuran lingkar kepala 60cm sebaiknya pake ukuran apa nih?

    BalasHapus
  2. Kalo ukuran lingkar kepala 60cm sebaiknya pake ukuran apa nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah mentogh XXL beroo.. ane juga pake helm ini,, keren memang.. positifnya: helm ini terasa ringan banget bwt gw yg sblmnya pake helm modular/flip up INK Senza (yg juga super keren dan mengabdikan diri untuk gw selama 5.5 tahun lebih...), lalu luas pandang juga enak banget, luas, hampir serasa pake half face sih.. dan juga, pake helm ini, level ketampanan serasa naik berkali2 lipat xD, lalu untuk tamparan angin saat kepala noleh di kecepatan tinggi sih mnurut ane ga gtu terasa kog, pas ane noleh kepala ga menghempas kebelakang kaya review helm supermoto lainnya, tapi tetap sebaiknya posisi kepala tetap lurus kedepan aja saat kecepatan tinggi,,
      Negatif nya(khusus untuk gw): ukurannya beda banget dengan helm pada umumnya, untuk gw yg ukurannya skitar 60cm +/- 2cm, dan punya rahang yang agag besar, seminggu pertama cukup membuat stres kepala ane dan mbikin pusing karena jujur aja agag sempit, karena awal pemakaian busa/paddingnya cukup stiff menurut ane.. ada yg bilang di cuci dulu sebelum di pake, ane dah coba dan lumayan membantu bro, busa stidaknya jadi sedikit lebih lemas, plus membuang kotoran bawaan karen ameskipun baru, ternyata setelah ane cuci kotorannya cukup membuat air bekas cucian nya sangat keruh,,hehe), tapi selepas minggu pertama, tekanan yang terasa di awal pemakaian udah cukup berkurang dan ga terlalu mengganggu lagi.. pemakaian lebih lama lagi juga nanti busa/padding akan terus menyesuaikan a.k.a makin tipis.. lalu, untuk kekedapan suara sebenarnya udh cukup bagus, tapi yang mbikin helm ini cukup berisik di kecepatan diatas 50km/jam itu adalah ventilasi yang tidak bisa di tutup dan celah antar pet yang mengakibatkan bunyi desis angin yg cukup kuat (mengganggu atau ngga nya tergantung fokus bro pribadi sih, klo ente gampang terganggu dengan bunyi2an mgkn akan terganggu), dan yang terakhir adalah sistem penguncian strap nya, masih menggunakan micrimetic mnurut ane bukan kelemahan karena untuk penggunaan sehari2 justru pengucian sperti ini jauh lebih nyaman daripada DD-ring dan ga mengganggu sekalipun pakai glove yg full karena sangat mudah untuk lepas pasang. yg manjadi concern utama ane adalah bahan dari strap itu sendiri, pengalaman ane pake INK, bahan plastik strap nya terasa tebal banget dan kokoh, sementara snail ini terasa lebih tipis dan ringkih. Tapi berdasarkan yg ane baca sih ini masih lebih baik daripada micrometic starp milik MDS, jadi menurut ane sih masih acceptable lah.. untuk posisi double visor, karena posisi nya hampir sama dengan INK senza jadi ga masalah buat ane, mgkn yg terbiasa dgn panel di bagian bawah helm akan butuh penyesuaian lg,, tapi enaknya, pengaktifan double visor sangat2 ringan di banding ane pake INK senza, dan spertinya sistem nya friction based, jadi klo ga mau pake visor sampe bawah, visor bisa di set berhenti setengah jalan atau senyamannya pengguna aja..
      Overall ane seneng banget dan ga nyesel ngeluarin 600ribuan untuk helm ini deh,, tampang keren, nyaman, dan yg paling ane suka adalah ringan banget2 dan area pandang nya yg luas bgt (lebih luas dari MDS super pro dan KYT enduro, ane brani blg karena dah pernah nyoba semuanya lho).. klo mau helm yg lebih nyaman ya silahkan beli aja yg diatas sejeti kaya Ink Senza gan (utuk merk lokal) dan d atas 2 jutaan untuk yg impor kayak Arai, AGV, dll, itu baru nyaman banget,,hahaha.. tapi sekali lagi, ini opini pribadi ane, mgkn tidak sama dengan opini yg lain,, Oke

      Hapus
    2. Ealah ternyata kepanjangan bgt,,haha,, maap Agan Salman,,hoho

      Hapus
  3. soal kuping yg sakit ada solusi kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stetofom bagian telinga Di gerinda broh ..di tipisin ..gw jga gtu .. Akhinya gw bongkar .. Hanya di bagian telinga sajaa ..di gerinda dengan mata Ampas

      Hapus
  4. Yg lebih rare lagi tipe mx310 bro...
    Klo 311 dipasaran sudah banyak...
    Hanya saran...
    Lebih nyaman juga yg 310

    BalasHapus
  5. perbedaan snail mx311 dan mx310 apa yah?

    BalasHapus