Selasa, 19 November 2013

Flash Built-In Nikon D3100 saya yang menemui 'Ajal' nya...huhuhu ;(;(;(


Pada postingan kali ini saya ingin cerita pengalaman saya kemarin sore, yaitu mengenai kamera DSLR Nikon D3100 yang saya punya...
kemarin sore, istri saya bilang mau pakai kamera saya untuk potret barang dagangannya...
kemudian dia bilang ke saya klo flash internalnya ga mau nyala...awalnya saya pikir paling istri saya lupa buat stel modenya ke auto...
akhirnya setelah saya cek, memang benar flash internalnya yang mati...dicoba berkali-kali tetep ga mau nyala itu flash...
bahkan settingan di menu pun udah di reset...
waduuuh...gawaat ni dalam hati...
masalahnya meskipun flash ini jarang saya pakai, tetap saja rasanya galau klo flash nya mati...
sudah gitu yang saya tahu kamera DSLR itu bukan barang murah, so pasti biaya perbaikan pun akan mahal pula...

adapun analisa abal-abal saya mengatakan, komponen yang rusak bukanlah di komponen lampu flashnya, karena dari tampilan fisiknya tidak menunjukan adanya kerusakan...
akhirnya atas saran istri saya, saya pun browsing internet...
setelah browsing sana-sini, di dapatlah beberapa kesimpulan abal-abal...
bahwa yang rusak adalah dibagian board, Flexibel atau Elco atau apanya lah saya ga ngerti...
dan yang konyol...baca-baca di internet, ternyata biaya bongkar pasangnya lebih mahal dari biaya komponennya...
dan didapatlah kisaran harga perbaikannya, yaitu di kisaran 500 rebu - 1 Juta...WOW...!!!
harga yang sangat mahal untuk dompet saya...
dan sekarang saya bingung...
diperbaiki harganya mahal...
ga diperbaiki kadang2 kepake juga tu lampu petromak...
hahahaha....

dan sekarang ada niatan buat jual tu kamera...
takut makin ngerepotin dompet...hahaha







15 komentar:

  1. jadi ngga ada solusi nih?
    selain dijual....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya hitung-hitung si, reparasi bukan solusi mas, hehe. klo saya beli yang eksternal mas.

      Hapus
    2. Klo biaya segitu. .enak pakai blitz mini tambahan tempel. ..jadi tambah macho hehehe

      Hapus
  2. Sama kisah nya dgn diriku mas dilematis , di betulin apa di beliin flash external biayanya hampir sama . :'( katanya kalo pakai flash internal setiap 7x nyala berturut" harus di istirahatin30 menit ... tapi udah terlanjur mokat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo saya mokat nya waktu itu karena dipake temen mas, pas dibalikin dah modiar!, makanya kagak lagi2 dah pinjemin kamera ke temen yang kagak faham DSLR. klo saya prefer beli eksternal mas, yang yongnuo juga dah lumayan buat saya.

      Hapus
  3. Mas, kasusnya sama persis dengan kamera saya. sudah setahun lebih akhirnya saya biarkan saja. tp skr perlu juga buat foto2. akhirnya beli eksternal ya mas? boleh tau merknya apa dan harganya berapa mas? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas saya beli eksternal, lebih wah hasilnya dari flash internal, hehe. saya beli merk Yongnuo tipe YN 460 II mas, waktu itu harganya 600 rebuh, maklum mas di Bogor mah rata-rata mahal...hehe

      Hapus
    2. makasih mas jawabannya. oh iya, saya mba bukan mas hehehe

      Hapus
  4. mas, ada yang bisa bantu saya, selain pake eksternal apa lagi yang mungkin di lalukan, selain reparasi. ini flashku kadang nyala kadang mati, sebelum akhirnya wafat beneran, ada kan yang bisa saya lakukan biar ndak tambah parah?

    BalasHapus
  5. kasusnya sama seperti nikon d5300 saya, flasnya nyala waktu pertama aja, setelah itu nggak mau nyala. sampai sekarang juga blm ada solusi. Mungkin dari teman teman ada solusi..

    BalasHapus
  6. Jadi gimana mas pemakian kamerany ada berpengaruh nggak sampek sekarang karna flas internalnya mati... soalnya aku jugak matot...

    BalasHapus
  7. Tolong respon cepat mas... panik nih

    BalasHapus
  8. flash built in D3100 saya juga akhirnya menemui ajalnya pagi ini.. sudah coba reset juga, tapi masih ga idup. Mungkin ada saran, mending repair atau beli external flash ?

    BalasHapus
  9. selain flash..LCD nikon D3100 saya juga masalah.. vignet di bagian tepi( Gelap ). sepertinya setelah jangka waktu pemakaian terntentu LCD nya Bakalan Vignet...solusinya ya ganti..cara ganti cari aja di youtube..

    BalasHapus
  10. Nasib flash kamera saya juga gak hdup gak ad cara lain ya selain beli flash tambahanšŸ˜­

    BalasHapus