Jumat, 12 April 2013

Analisis Butir Soal dengan 'Software' AnBuSo


Menganalisis Butir Soal merupakan salah satu kegiatan 'wajib' yang harus dikuasai oleh seorang guru, jika seorang guru itu ingin di katakan sebagai seorang guru yang Profesional. kegiatan analisis butir soal biasanya erat kaitannya dengan kegiatan mengoreksi hasil ulangan siswa, karena menganalisa butir soal berarti memeriksa soal-soal yang dijadikan bahan di dalam suatu kegiatan evaluasi atau dalam hal ini ulangan misalnya. menganalisa butir soal menjadi sangat penting bagi seorang guru, karena dengannya seorang guru bisa mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran yang ada.
karena salah satu komponen yang sangat penting di dalam sistem pendidikan  adalah adanya Kegiatan Evaluasi di akhir suatu program pembelajaran, dimana pastinya kegiatan evaluasi ini bukanlah suatu kegiatan asal-asalan tanpa perencanaan, akan tetapi ia adalah suatu program yang telah tertata dalam suatu perencanaan yang matang dan terstruktur serta memiliki nilai keilmiahan.
akan tetapi tujuan terpenting dari kegiatan analisa butir soal adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan dari alat evaluasi yang dipakai oleh seorang guru, atau dengan kalimat yang lebih sederhana analisa butir soal adalah suatu cara untuk melihat apakah soal yang dibuat guru dalam suatu ulangan kegiatan evaluasi itu bisa diterima atau tidak, atau secara kasar apakah soal yang dibuat guru itu benar atau salah. Jika kita melihat realita yang ada, berapa banyak siswa yang hasil ulangannya jelek, hal ini tentu saja dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, akan tetapi sering juga penyebab nilai yang jelek tersebut adalah ketidak pandaian guru dalam membuat soal, sehingga kemampuan siswa yang harusnya dapat diukur, menjadi tidak terukur karena ke'bodoh'an si guru.
Sebagai contoh sederhana, salah satu kriteria soal yang baik adalah soal tersebut memiliki yang namanya tingkat pembeda, yaitu soal tersebut mampu membedakan mana siswa yang cerdas dan mana yang tidak. Sebagi contoh kasus, seorang guru matematika memberikan ulangan kepada siswa dikelasnya, yaitu sebut saja misalnya kelasnya adalah kelas VIII SMP, jika guru tersebut memberikan Soal berapakah 1+1?, maka tentu saja soal ini tidak memiliki tingkat pembeda, karena pasti semua siswa dikelas itu akan mampu menjawabnya, sehingga kita tidak akan bisa membedakan mana siswa yang cerdas dan mana siswa yang bodoh jika menggunakan soal tersebut. Begitu juga jika soal yang dipakai adalah soal yang sangat susah dan rumit, yaitu soal yang seharusnya diberikan untuk Siswa kelas IX misalnya, maka tentu saja soal ini pun tidak memiliki tingkat pembeda, karena bisa dipastikan semua siswa tidak mampu menjawab soal tersebut, meskipun bisa saja ada satu dua orang siswa yang mempu menjawab soal tersebut, karena kecerdasan dan minatnya terhadap matematika misalnya.
Oleh karena itulah bagi seorang guru, perlu ada yang namanya kegiatan menganalisa butir soal, yaitu sebagaimana dipaparkan diatas, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk 'mengecek' apakah soal yang telah dibuat itu bisa diterima atau tidak, atau bahkan soal tersebut harus dibuang.
Kemudian berawal dari beberapa masalah diatas Ali Muhson, M.Pd. Dosen Statistika Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY), membuat sebuah 'software' sederhana, yaitu suatu software yang bernama "AnBuSo" yang artinya Software Analisis Butir Soal, software ini dijalankan didalam komputer untuk membuat analisa butir soal secara sederhana dan mudah. Sebenarnya ini bukanlah sofware sungguhan yang harus diinstal kedalam Operating Sistem komputer kita, akan tetapi software ini adalah suatu format yang rapih yang dibuat didalam Program Microsoft Office Excel. Dimana pak Ali Muhson telah membuatnya sebagai suatu format yang sangat rapih dan sederhana, dan kita sebagai seorang guru, tinggal menginput data yang ada saja. Sangat simpel dan sederhana.
Dan saya sebagai seorang guru yang memamfaatkan 'software' ini ingin mengucapkan banyak sekali terima kasih kepada Bapak Ali Muhson atas dedikasinya terhadap pendidikan di Indonesia dengan menciptakan software bermanfaat seperti itu, Jazahullahu Khairul Jazaa...
kemudian jika anda ingin mendownload 'Software' tersebut, anda bisa mengklik link Download dibawah ini :

1. AnBuSo (Pilihan Ganda): Download
2. AnBuSo (Uraian): Download
 

5 komentar:

  1. pak petunjuk pengisian'a gimana y pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. emm...simpel juragan....
      dikolom kunci jawaban...juragan bisa mengisinya dengan kunci jawaban yang juragan punya...
      kemudian setelah juragan mengisi kolom nama siswa, juragan bisa mengisi kolom rincian jawaban siswa dengan jawaban masing2 siswa tersebut...
      adapun untuk soal uraian, dibawah kolom nomor soal, juragan bisa mengisinya dengan nilai setiap soal, dan besarnya juragan yang menentukan...
      selebihnya proses dilakukan secara otomatis, karena prosesnya dilakukan dengan rumus2 XL...hehe

      Hapus
  2. Untuk AnBuso terbaru tahun 2015 versi 6.0 sudah direlease. Silakan kunjungi blog.uny.ac.id/alimuhson untuk mendapatkannya secara gratis.
    Mohon masukan untuk penyempurnaan agar saya bisa lebih berkontribusi secara lebih optimal.
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. AnBuso yang dilampirkan ternyata bukan buatan saya. Silakan request di blog saya. Makasih

    BalasHapus
  4. wah bukan buatan pak Ali ya, insya allah akan saya download yang terbaru pak.
    ngomong-ngomong suatu kehormatan buat saya Pak Ali Muhson mau mampir ke sini, terima kasih pak.

    BalasHapus