Kamis, 02 Mei 2013

Cara Kerja Mesin 4 Tak.

Semua orang yang memiliki kendaraan, baik itu Mobil ataupun Motor, pastinya tahu tentang mesin 4 tak, biasanya tulisan 4 tak tadi nempel hampir disetiap bodi kendaraan kita, atau mungkin tulisan tersebut ada di buku petunjuk manual kendaraan kita. akan tetapi kebanyakan kita tidak memahami kenapa mesin kendaraan kita tersebut harus disebut 4 tak.
mesin 4 tak dinamakan demikian karena dalam satu proses kerjanya, mesin ini membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses, sehingga mesin ini dinamakan dengan mesin 4 tak.

langkah-langkah kerja tersebut adalah :


1. Langkah Hisap (Intake).

pada langkah ini Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) menuju TMB (titik mati bawah), klep In (Intake Valve) terbuka dan Klep Ex (Exhaust Valve) tertutup,
karena tekanan yang di buat oleh Piston, maka campuran Bahan Bakar dan Udara yang telah dibuat menjadi Kabut oleh Karburator terhisap melalui Intake Port. 


2. langkah Kompresi (Compression).

pada langkah kedua ini piston yang tadinya berada di posisi TMB naik ke posisi TMA, naiknya Piston disebabkan momentum yang dihasilkan dari perputaran Kruk As (Crank Shaft), sehingga campuran bahan bakar tadi 'tertekan' dan 'terpadatkan' di kubah pembakaran (Combustion Chamber), dan ruang bakar tertutup rapat karena Klep In dan Ex tertutup.


3. Langkah Pembakaran (Combustion).

langkah ini dimulai dengan menyalanya busi yang menyebabkan terbakarnya bahan bakar tadi, yang mana proses pembakaran ini menyebabkan ledakan yang mendorong Piston ke bawah untuk menggerakan Kruk As (Crank Shaft), yang mana perputaran atau gerakan Kruk As ini akan memutar Fly Wheel yang akhirnya memutar Gir untuk memutar Roda Kendaraan.

4. Langkah Pembuangan (Exhaust).

pada langkah terakhir ini Klep Ex terbuka dan Klep In tertutup, kemudian Piston Naik karena dorongan balik dari Kruk As setelah proses pembakaran, maka sisa pembakaran tadi akan didorong keluar oleh Piston melalui Exhaust Port. maka seleselah satu Siklus kerja dari sebuah mesin 4 Tak. dan siklus ini terjadi berulang-ulang dengan sangat cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar