Sabtu, 25 Mei 2013

Pasang Hazard di Bajaj Pulsar 135 (Part 2)

Setelah kemarin saya menjelaskan sedikit seputar hazard, maka di postingan lanjutan ini saya ingin menjelaskan secara sederhana (hanya dengan 3 langkah umum) bagaimana cara memasang Hazard si Bajaj Pulsar 135, kenapa sederhana, karena saya tidak menggunakan Modul Hazard yang sudah jadi yang biasanya dijual dipasaran, tapi saya menggunakan Flasher Mobil biar lebih murah. langsung saja, adapun bahan yang kita butuhkan (kaya mau bikin kue ajah) adalah :


  1. Flasher Mobil (15 Rebu).
  2. Kabel secukupnya (3 rebu/meter).
  3. Selotip Kabel secukupnya (1 rebuu).
 Lanjuuut.....


Langkah Pertama adalah kita harus mencari letak Flasher Pulsar 135, Flasher adalah alat yang mengatur kedipan lampu sein motor kita, yang mana Flasher asli bawaan Pulsar 135 akan kita ganti dengan Flasher Mobil. letak Flasher Pulsar 135 adalah berada diarea bawah antara Jok dan Tangki.

ini penampakan Flasher Bajaj Pulsar 135:


dan ini penampakan Flasher Mobil :


kenapa harus diganti dengan Flasher Mobil? hal ini dikarenakan Flasher bawaan Motor tidak mampu untuk menyalakan 4 lampu sein sekaligus, sedangkan Flasher Mobil mampu, bisa dilihat digambar diatas ada tulisan "Max : 4 BULBS".



Langkah Kedua adalah setelah kita menemukan letak Flasher Pulsar 135, maka kita akan mengganti Flasher asli dengan Flasher Mobil. ada perbedaan antara Flasher Mobil dan Flasher Motor, yaitu Flasher motor hanya memiliki 2 kaki, yaitu kaki ke batre/aki (B) dan kaki ke Lampu Sein (L). sedangkan Flasher Mobil memiliki 3 kaki, yaitu kaki ke batrai/aki (B), kaki ke lampu Sein (L), dan kaki Ground (E), khusus untuk kaki yang ketiga ini kita harus menyambungnya ke bagian Rangka Motor (Ground)...

ini penampakan Proses pemasangan Flasher Mobilnya :


dan ini penampakan Flasher telah terpasang :



Langkah Ketiga : setelah kita selesai mengganti Flasher, maka kita akan lanjut dengan mambuat saklar On/Off yang fungsinya adalah memparalelkan Keempat lampu Sein motor kita, caranya adalah dengan menyambung kabel positif dari masing lampu sein, kemudian kita hubungkan dengan sebuah saklar On/Off.

ini penampakannya (kebetulan di Bajaj Pulsar 135 kabel positifnya adalah yang berwarna Hijau):


dan ini penampakan Saklar/Switch On/Off nya, saya letakkan di belakang Head Lamp motor saya, biar aman dari Air Hujan :


dan ini penampakan diagram nya untuk membantu :


Petunjuk Penggunaan : adapun penggunaannya....karena secara asal yang kita lakukan adalah memparalelkan keempat lampu sein, maka ketika saklar kita switch ke On, dan switch lampu sein kita geser, baik itu kekanan maupun kekiri, maka keempat lampu sein akan menyala (hazard mode), sedangkan jika saklar kita switch ke Off, maka penggunaan saklar sein akan kembali Normal, geser kiri berarti lampu sein menyala kiri begitu sebaliknya (normal mode) sederhana kan??? hehe
dan ini penampakan motor pulsar 135 saya dengan hazard barunya...hahai...

Photograph by : Istriku Cantik

5 komentar:

  1. mantap gan..
    ternyata bisa juga dipasang di pulsar..
    :D

    BalasHapus
  2. iya gan...nemu inspirasi di Grup FB Pulsar 135...

    BalasHapus
  3. nah ga, mau tanya,,
    klo gw kan pasang di matic, bisa sih yg mode hazard. tp tuk mode biasa nyalanya terlalu cepat, kaya lampu strobo,,

    kira2 ada solusi ga nih? biar mode normal kedipannya ga terlalu cepat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo yang saya tahu si, kedipan cepet itu karena ukuran watt bohlam sein terlalu kecil mas, jadi dianggapnya ada yang mati sama si flasher. atau mas udah ganti pakek lampu sein LED mungkin?

      Hapus
  4. Kabel flashernya yg warna coklat letaknya dimana yang di "B" apa "L"??

    BalasHapus